Perihal Refrigeran "FREON" Yang Menyebabkan AC Tidak Dingin

Berikut ini ulasan perihal Refrigeran FREON yang menyebabkan AC tidak dingin.  Yang anda Harus ketahui bahwa refrigeran adalah suatu Zat atau campuran zat yang biasanya berupa cairan, difungsikan sebagai media penghantar kalor dalam sistem pendingingan. Dalam masyarakat umumnya Refrigeran sendiri dikenal dengan nama Freon.
Freon merupakan suatu merk dagang yang menjual produk refrigeran. 

Adapun Jenis Refrigeran yang digunakan untuk AC rumahan yang beredar di pasaran umum:

1.  Refrigeran 22 (R22)



Refrigeran R22

Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Namun, freon jenis ini tidak mudah terbakar.

Akan tetapi, di Indonesia, peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh karena itu, semua pabrik AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

2.      Refrigeran 410A (R410A)

Refrigeran 410A (R410A)
Jenis freon AC ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. Berbeda dengan jenis freon R22, freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon. Sedangkan untuk potensi pemanasan global, freon jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis R22. Sama dengan jenis R22, jenis freon R410A ini juga tidak mudah terbakar

3.      Refrigeran 32 (R32)


Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya. Tapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis ini.

Masalah yang disebabkan oleh Refrigeran / Freon

Ada 3 macam permasalahan ada refrigeran

A. TERLALU BANYAK FREON (OVERCHARGED)

  1.      Tekanan Pada Tekanan Tinggi=Tinggi
  2.       Tekanan Pada Tekanan Rendah=Tinggi Juga
  3.       Amper Naik = Overload
  4.       PipaHisap Keluar Bunga Es
  5.       Kompresor Suara Lebih Keras
  6.       Dingin tidak Maksimal

B. KURANG REFRIGERAN(UNDERCHARGED)

  1.       Tekanan Pada Tekanan Tinggi=Normal/Rendah
  2.       Tekanan Pada Tekanan Rendah=Lebih Rendah
  3.       TAmper Rendah
  4.       Pipa Tekan Terjadi Bunga Es
  5.       Kompresor Jalan Terus Tetapi Tidak Dingin/Mati Indoor Error
  6.       Pendinginan Kurang/Tidak Dingin

C. KEBOCORAN REFRIGERAN

Gejala sama dengan kurang freon, kalau bocor berminyak mudah mencarinya. Kalau bocor kering, selamat bekerja keras. 


Jika masalah berlanjut, silahkan hubungi kami di : 0822-1414-8555


Tipar Jaya Teknik
Tipar Jaya Teknik Tipar Jaya Teknik merupakan usaha jasa yang bergerak di bidang layanan Jasa pemasangan, perawatan, perbaikan dan pengadaan unit baru atau bekas semua jenis mesin pendingin. Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepuasan para pelanggan kami, yang didukung para teknisi yang merupakan tenaga ahli dan berpengalaman di bidang mesin pendingin/penyejuk udara dan sudah mengantongi Ijin Jasa Elektronik (IJE) dan bersertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). © Tentang Kami Source: https://www.tiparjayateknik.my.id/p/tentang-kami.html